Narjamahkeun Kana Basa Sunda1

Kamis, 25 April 2013
BSI DAN NURI OPTIMAL TINGKATKAN KUALITAS LULUSAN
Reporter : ENDANG SUMARDI
Universitas dan Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) dan Nusa Mandiri (Nuri), senantiasa berupaya optimal meningkatkan kualitas lulusan. Adapun upaya tersebut, menurut Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan BSI dan Nuri, Insinyur H. Naba Aji Notoseputro, didampingi Kepala BSI Career Center (BCC) atau Pusat Persiapan dan Pengembangan Karir BSI dan Nuri, Heri Kuswara, M.Kom., dan Kepala BSI Entrepreneur Center (BEC) dan Nuri, Islahudin, M.Kom., diantaranya ditempuh melalui penyesuaian kurikulum dengan dunia kerja, yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.


Dikatakannya, dalam melakukan penyesuaian kurikulum tersebut, didasarkan pada hasil sharing dan masukan dari dunia kerja, usaha, industri dan perbankan, termasuk dari instansi pemerintah. Dengan demikian, lulusan BSI dan Nuri ini dapat lebih berkualitas, serta banyak terserap oleh dunia kerja, karena sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dikatakan pula, dengan upaya tersebut, juga banyak perusahaan, industri dan perbankan, termasuk instansi pemerintah, yang melakukan kerja sama dengan BSI dan Nuri, khususnya dalam bidang rekruitmen Sumber Daya Manusia (SDM), Program Magang, dan Kunjungan Ilmiah.

Selain itu, dengan upaya tersebut, jumlah mahasiswa, termasuk sarana dan prasarana BSI dan Nuri ini, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya jumlah mahasiswa yang kualiah di Universitas dan Akademi BSI dan Nuri ini, saat ini sudah mencapai 60 ribu orang lebih, tersebar di 23 Perguruan Tinggi (PT) dan 50 kampus, yang ada di 20 kota se Indonesia.

Ketua BPH Yayasan BSI dan Nuri, Insinyur H. Naba Aji Notoseputro juga mengungkapkan, selain banyak terserap oleh dunia kerja, mahasiswa dan lulusan BSI dan Nuri ini, juga benyak yang berhasil menjadi pengusaha muda, diantaranya bergerak dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT), Busana, Tas, Makanan, Minuman, Jamur Tiram dan sebagainya. Diungkapkan pula, dengan banyaknya mahasiswa dan lulusan BSI dan Nuri, khususnya yang membuka usaha sendiri tersebut, menandakan naluri bisnis mahasiswa dan lulusan BSI dan Nuri ini sudah berjalan dengan baik.

Sedangkan hal lainnya yang cukup memuaskan dan membanggakan, yakni mahasiswa BSI dan Nuri ini, dalam setiap tahunnya banyak yang mendapat bea siswa dari pemerintah, yang jumlahnya sudah mencapai ribuan se Indonesia. Disamping itu, juga banyak yang mendapat bantuan kredit permodalan dari pihak perbankan dan lembaga keuangan lainnya, khususnya bagi mahasiswa dan lulusan BSI dan Nuri yang membuka usaha sendiri, yang difasilitasi oleh pihak BSI dan Nuri di setiap kota.