Narjamahkeun kana basa Sunda27

Senin, 18 September 2006
JUMSIH DI LINGKUNGAN SETDA SUKABUMI
Reporter : Deden Dendayasa
 
Kebersihan merupakan sebagian dari pada iman, sehingga kalau belum mampu melaksanakan kebersihan, berarti belum sempurna imannya, oleh karenanya Sekretaris Daerah kota sukabumi, H. Moch. Muraz, S.H., M.M., pada kesempatan apel pagi (15/9) di halaman balai kota menghimbau kepada segenap karyawan-wati di lingkungan pemerintah kota Sukabumi, untuk menggiatkan kembali Jumat bersih (Jumsih). 


Seiring pepatah AA Gymnastiar yang dikenal AA Gym, Sekotda mengharapkan dimulai dari diri sendiri, dimulai dari sekarang dan dimulai dari yang terkecil, kita bersama-sama untuk melaksanakan kebersihan, tidak dibenarkan ungkap H. Moch. Muraz, S.H., M.M., membuang sampah atau puntung rokok seenaknya, apalagi sampai ke pot kembang yang sudah tertata disetiap halaman kantor dengan rapi, karena hal itu dapat memperpendek usia tanaman.

Ditegaskan H. Moch. Muraz, S.H., M.M., Kegiatan beberesih, di kota Sukabumi, sebenarnya sudah melembaga dilingkungan kantor, sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal, namun dalam menghadapi Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan bulan suci ramadhan, hendaknya dapat ditingkatkan kembali , termasuk pemeliharaan tanaman hias yang sudah ditata sedemikian rupa dalam menunjang keindahan, keasrian dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan tempat kerja termasuk dilingkungan sekolah, upaya menunjang kenyamanan kegiatan belajar mengajar bagi warga sekolah meliputi guru, peserta didik dan orang tua murid.

Dalam menghadapi Lomba Sekolah Sehat tingkat wilayah Bogor yang akan dilangsungkan akhir bulan september tahun 2006, Pemerintah kota sukabumi, melalui Dinas P dan K telah mempersiapkan 4 sekolah, dari mulai tingkat Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Menurut Kepala Kantor Infokom, Drs. H. A. Hamdan M.M., sekolah-sekolah yang diikutsertakan dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS), yaitu sekolah - sekolah yang tampil sebagai juara pertama dalam Lomba LSS di tingkat kota, diantaranya Taman Kanak-kanak(TK) Patria Cibeureum, SDN Cipanengah Cipta Bina Mandiri, SMP 4 dan SMKN 2.

Ditegaskannya, keempat sekolah yang diikutsertakan dalam Lomba LSS ini, kini tengah melakukan penataan dan sepenuhnya ditunjang oleh dinas instansi terkait, diantaranya Dinas P dan K, Dinas kesehatan, Dinas Kebersihan, Tarlingkim, Kesbang, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Infokom, termasuk orang tua murid dan komponen masyarakat yang ada , turut ambil bagian dalam menyukseskan setiap kegiatan lomba.

Yang jelas pada setiap kegiatan lomba kota Sukabumi selalu tampil beda dan memperoleh prestasi, karena dibangun penuh dengan keterpaduan/kebersamaan, satu sama lain saling mengisi, saling melengkapi, dan saling memberikan arti, “Saigel Sapihanean, Kacai Jadi Saleuwi, Ka darat jadi salebak”, sehingga mampu menampilkan yang terbaik, bagi kemajuan kota ini, menuju hari esok yang lebih elok.

Penilaian LSS tingkat wilayah Bogor menurut rencana akan dilangsungkan pada tanggal 20 september 2006, dalam pelaksanaan penilaian dibagi menjadi dua tim, Tim I melakukan tugas penilaian ke Taman Kanak-kanak Patria dan SDN Cipanengah CBM. Tim 2 melakukan tugas penilaian ke SMPN 4 dan SMKN 2 Cipoho Indah.