Narjamahkeun Kana Basa Sunda4

Rabu, 24 April 2013
WALIKOTA SUKABUMI BUKA SOSIALISASI SENSUS PERTANIAN TAHUN 2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., secara resmi membuka sosialisasi Sensun Pertanian Tahun 2013, di Kota Sukabumi. Sosialisasi tersebut, berlangsung hari Rabu, 24 April 2013, di Operation Room Setda Kota Sukabumi. Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi mengatakan, sensus pertanian ini harus ditempatkan dalam kerangka membangun sektor pertanian, yang berbasis pada research and development.


Untuk itu, Walikota Sukabumi mengharapkan, agar dari pelaksanaan sensus pertanian ini, mampu menghasilkan basis data pertanian di Kota Sukabumi yang akurat dan applicanble, yang dapat digunakan untuk memetakan berbagai potensi produk unggulan pertanian Kota Sukabumi, sekaligus menginventarisasi berbagai permasalahan dan kendala, yang benar-benar berguna sebagai infut dalam merumuskan kebijakan bidang pertanian di Kota Sukabumi.

Sementara Kasi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi, selaku Ketua Panitia Penyelenggara, Cece Sodikin M, S.E. menjelaskan, pelaksanaan sensus pertanian ini merupakan yang keenam kalinya di Kota Sukabumi, yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Antara lain pada tahun 1963, tahun 1973, tahun 1983, tahun 1993, tahun 2003, dan tahun 2013. Dijelaskan pula, pelaksanaan sosialisasi ini, merupakan salah satu tahapan, dari rangkaian panjang pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2013 di Kota Sukabumi.

Kasi Statistik Produksi BPS Kota Sukabumi juga mengatakan, sosialisasi ini dikemas dalam bentuk diskusi panel, dengan menghadirkan dua orang nara sumber, yakni Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi, Insinyur Hajah Kardina Karsoedi, M.T., menyampaikan materi tentang Pontensi dan Prospek Pertanian di Kota Sukabumi, dan Kepala BPS Kota Sukabumi, Insinyur Dudung Supriyadi, menyampaikan materi tentang Penjelasan Umum Sensus Pertanian Tahun 2013, dan Hasil Pendataan Sektor Pertanian di Kota Sukabumi, serta moderator Kepala Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Sukabumi, Insinyur H. Cecep Mansur, M.M.

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut, seluruhnya mencapai 60 orang. Antara lain aparat instansi pemerintah yang bertugas dalam bidang pertanian, camat, lurah, unsur perguruan tinggi, dan unsur organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang pertanian.