Narmahkeun Kana Basa Sunda2

Kamis, 25 April 2013
BPS KOTA SUKABUMI SEDANG LAKUKAN SENSUS PERTANIAN TAHUN 2013
Reporter : ENDANG SUMARDI
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi, saat ini sedang melakukan Sensus Pertanian Tahun 2013 di Kota Sukabumi. Kepala BPS Kota Sukabumi, Insinyur Dudung Supriyadi menjelaskan, pelaksanaan sensus pertanian ini merupakan yang keenam kalinya, yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Antara lain pada tahun 1963, tahun 1973, tahun 1983, tahun 1993, tahun 2003, dan tahun 2013.


Adapun data yang hendak dicapai dari pelaksanaan sensus ini, cakupannya sangat luas dan beragam. Oleh karenanya, pelaksanaan sensus ini dilakukan secara bertahap. Antara lain pencacahan lengkap usaha pertanian pada bulan Mei 2013, dilanjutkan dengan pendataan rinci melalui survey Pendapatan Rumah Tangga Pertanian (PRTP) pada bulan November 2013, dan survey Struktur Ongkos Komoditas Pertanian Strategis (SOKPS) dalam setiap Sub Sektor Pertanian (SSP), pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2013.

Untuk itu, Kepala BPS Kota Sukabumi, menghimbau kepada semua instansi, camat, lurah, unsur perguruan tinggi, dan unsur organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang pertanian, agar senantiasa proaktif membantu, supaya pelaksanaan sensus pertanian tersebut, khususnya di Kota Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat menghasilkan data yang hendak dicapai, dari pelaksanaan sensus tersebut.

Sebab sensus tersebut, merupakan metode statistik, untuk pengumpulan dan pengolahan, serta diseminasi data struktural pertanian, yang berada di seluruh wilayah Indonesia, dengan cakupan jumlah wilayah administrasi kabupaten, kota, kecamatan, desa dan kelurahan di setiap provinsi.

Sedangkan data yang harus dikumpulkan melalui pelaksanaan sensus tersebut, yakni skala usaha dan infut usaha pertanian, penguasaan dan penggunaan lahan, luas tanam, irigasi, peternakan, budidaya dan penangkapan ikan, budidaya kehutanan dan sosial ekonomi di kawasan hutan, serta pengelola usaha pertanian.

Dikatakannya, data tersebut dikumpulkan langsung dari pengelola usaha pertanian, dari perusahaan berbadan hukum, perusahaan tidak berbadan hukum atau bukan usaha rumah tangga, dan usaha pertanian di rumah tangga. Adapun tema yang diangkat dalam pelaksanaan sensus pertanian tahun 2013 ini, yakni Menyediakan Informasi untuk Masa Depan Petani yang Lebih Baik.